Ingin tahu ulasan mengenai film-film lama hingga yang terbaru? Ingin tahu film-film apa yang wajib ditonton dan yang tidak? Jangan lupa kunjungi Our Cinema Sanctuary, blog berisi review2 film (yg pastinya sudah saya tonton, hehe...). See you there...!!!

Wednesday, 25 January 2012

Menjawab Pertanyaan Sulit ketika Wawancara Kerja


Di bawah ini adalah tiga hal yang sering dikuatirkan oleh sebagian besar orang saat melakukan wawancara kerja: diberikan pertanyaan yang tidak diketahui jawabannya; ditanyakan mengenai keahlian yang Anda tidak kuasai; atau pertanyaan mengenai gaji yang diterima saat ini, ketika sebetulnya mereka mengharapkan penghasilan yang lebih.

  • Anda diberikan pertanyaan yang Anda tidak tahu jawabannya.
Reaksi umum yang sering terjadi adalah mengalihkan jawaban. Jangan lakukan itu. Selain itu, jangan katakan, “Pertanyaan yang bagus,” mereka akan mengetahui Anda sedang mencoba mengulur waktu.Cukup katakan, “Saya belum mempertimbangkan hal tersebut. Mohon berikan saya waktu untuk memikirkannya terlebih dahulu, karena saya ingin memastikan bahwa saya dapat memberikan jawaban yang terbaik.” Catatan: Anda akan tetap merasa percaya diri jika Anda tidak meminta maaf.Meminta waktu untuk memikirkan hal tersebut juga akan menolong Anda untuk menenangkan diri. Pewawancara juga tidak akan merasa jengkel jika Anda mencoba untuk memberikan jawaban yang terbaik.
  • Anda kuatir mereka akan membahas mengenai keahlian yang tidak Anda miliki, atau membahas tentang rentang waktu karir yang tidak ada pada CV Anda.
Mengenai keahlian, Anda dapat mengatakan, “Saya mengetahui pekerjaan yang Anda tawarkan membutuhkan keahlian X, dan hal tersebut tidak ada dalam resume saya. Hal tersebut adalah hal yang pertama kali akan saya pelajari dan kuasai dengan cepat saat saya mulai bekerja di perusahaan Anda.”Mengenai rentang waktu karir yang tidak ada pada CV, Anda dapat mengatakan, “Saat itu saya melakukan X, yang membuat saya memiliki keahlian Y yang dapat saya terapkan dengan baik untuk pekerjaan yang Anda tawarkan sekarang ini.”
  • Anda diberikan pertanyaan mengenai besarnya gaji yang Anda terima saat ini, namun Anda saat ini sedang bekerja di sebuah restoran lokal, yang sebetulnya tidak relevan.

“Saya mencari pekerjaan yang menawarkan penghasilan sekitar X rupiah, lebih dari penghasilan saya sebelumnya, dan juga perkerjaan yang lebih berhubungan dan lebih relevan dengan keahlian saya.”Jika pewawancara masih terus mengorek jawaban Anda: “Penghasilan saya saat ini lebih rendah dari yang saya harapkan, oleh karena itu saya mencari pekerjaan baru.”Dan jika ia masih bertanya, katakan yang sebenarnya. Kebohongan sangat tidak bisa diterima, dan terus menerus mengelak akan membuat Anda terlihat menjadi orang yang tidak dapat dipercaya.

19 comments:

  1. wah terima kasih.
    info ini sangat membantu bagi saya yang ingin melamar pekerjaan...

    ReplyDelete
  2. sip...sip tipsnya oke. tapi kapan ya aku di wawancara lagi :)

    ReplyDelete
  3. biasanya sii yg bingungin tu salah satu persyaratannya.. 'memiliki pengalaman minimal 3 tahun bekerja di bidang yg sama'.. huehehe.. kebanyakan orang saat melamar itu emang lagi mau cari kerja en biasanya juga.. gag punya pengalaman.. harusnya kita isi/jawab seperti apa..?!?! :p

    ReplyDelete
  4. @herman: sama2, thanks udah mampir :)

    @lidya: siapa tahu bisa jadi orang terkenal sis, jadi banyak yg wawancara :)

    @genial: solusi yg termudah sebetulnya adalah melamar pekerjaan yg memang untuk fresh graduate.. banyak kok bro yg buka lowongan utk pemula... tapi sering juga lho kejadian, misalnya kalau kita belum punya pengalaman 3 tahun, tapi kita tetap "nekat" melamar utk pekerjaan yg membutuhkan pengalaman, tapi ternyata dipanggil juga... berarti itu sudah gak masalah bagi si perusahaannya. Kalau pas wawancara ditanya seperti itu, bisa dijawab: "memang saya belum punya pengalaman di bidang ini, tapi saya tipe orang yang suka hal baru dan cepat belajar. Jadi saya yakin akan bisa dengan cepat menguasai keahlian tersebut dan saya tertantang untuk membuktikan bahwa saya mampu melakukannya." :)

    ReplyDelete
  5. Mantab, mantab....boleh dipraktekin nihhhhh ntar pas kalo wawancara, hihihi.

    ReplyDelete
  6. Saleum,
    Saya CTR+D lah tips diatas, sangat berguna.

    ReplyDelete
  7. oh yayaya...
    menarik banget...
    bisa dipraktekkin nnti klo dah jadi jobseeker...hihihi

    ReplyDelete
  8. jeng sri: monggo dipraktekkan, semoga manjur :)

    dmiliano: thank you dah mampir juga :)

    mine and me: siiip, semoga sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak atas Infonya dan penjelasannya mudah dipahami doakan saya untuk lulus ya disetiap wawancara kerja

      Delete
  9. keren gan. artikel yg bagus dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. Wah tipsnya benar-benar sarat manfaat.
    terima kasih.

    ReplyDelete
  11. selalu memberikan jawaban jujur dalam menjawab pertanyaan sipewawancara...

    ReplyDelete
  12. jangan sampai mengalihkan jawaban dengan mengatakan "pertanyaan bagus" :D

    ReplyDelete
  13. Postingan yang sangat menarik.

    ReplyDelete
  14. FBS Indonesia Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : D04A8185

    ReplyDelete

Thank you for sharing your thoughts and opinions :)