Ingin tahu ulasan mengenai film-film lama hingga yang terbaru? Ingin tahu film-film apa yang wajib ditonton dan yang tidak? Jangan lupa kunjungi Our Cinema Sanctuary, blog berisi review2 film (yg pastinya sudah saya tonton, hehe...). See you there...!!!

Monday, 30 January 2012

Bau Mulut? Oh, No!


Foto diambil dari sini

Semua orang menderita jika memiliki bau mulut (istilah medisnya dikenal sebagai halitosis). Tembakau dan makanan seperti pasta bawang putih, bisa merubah nafas segar menjadi berbau tak sedap. Tetapi menyikat gigi yang tidak tepat juga bisa menjadi biang keladinya.

Menyikat gigi dengan benar sangatlah penting karena perawatan mulut yang ceroboh dapat meninggalkan partikel makanan di dalam rongga mulut dan gigi. Hal ini dapat menyebabkan terkumpulnya bakteri yang dapat mengakibatkan bau mulut. Merokok juga mengeringkan mulut Anda, yang berarti menjadi hanya sedikit air liur yang tersedia untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri. Hasilnya adalah halitosis. Halitosis juga dapat disebabkan oleh makanan seperti bawang putih dan bawang bombay, karena setelah makanan dicerna dan diserap ke dalam aliran darah, akan terbawa ke paru-paru, di mana Anda akan terus menghembuskan aroma nafas sampai aroma tersebut hilang dari tubuh Anda. Untuk beberapa jenis makanan, dapat memakan waktu hingga 72 jam!

Memakan permen mint atau berkumur dengan obat kumur dapat menutupi bau mulut, namun hanya sementara. Untuk mencegah halitosis, cobalah tips ini:
  • Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari, selama dua sampai tiga menit pada satu waktu, dan jangan lupa untuk menyikat lidah Anda. Bahkan lebih baik lagi, gunakan pembersih lidah yang banyak tersedia di toko obat, karena lidah seperti spons, pembersih lidah tersebut akan menghilangkan bakteri lebih banyak dari sikat gigi Anda. Ganti sikat gigi Anda setiap tiga sampai empat bulan. Untuk menghilangkan sisa makanan di antara gigi, gunakan dental floss/benang gigi sehari-hari. Jika Anda memakai gigi palsu, lepaskan dan bersihkan secara teratur setiap hari.
  • Minum banyak air untuk merangsang aliran air liur dan menjaga kelembaban mulut Anda. Anda juga dapat merangsang air liur dengan permen karet atau mengisap permen keras tanpa gula.
  • Jangan merokok. Jika Anda ingin membantu menghilangkan kebiasaan itu, tanyakan kepada dokter atau dokter gigi untuk merekomendasikan program berhenti merokok.
  • Katakan "tidak, terima kasih" untuk bawang putih, bawang merah, dan makanan lainnya yang memiliki bau yang kuat.
  • Lakukan perawatan gigi secara teratur. Temui dokter gigi Anda setidaknya dua kali setahun agar gigi Anda diperiksa dan dibersihkan. ***

8 comments:

  1. mengganti sikat gigi min 1 bulan sekalipun dapat berpengaruh untuk kesehatan gigi,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, karena sikat gigi bisa menjadi tempat bersarangnya kuman :)

      Delete

Thank you for sharing your thoughts and opinions :)