Ingin tahu ulasan mengenai film-film lama hingga yang terbaru? Ingin tahu film-film apa yang wajib ditonton dan yang tidak? Jangan lupa kunjungi Our Cinema Sanctuary, blog berisi review2 film (yg pastinya sudah saya tonton, hehe...). See you there...!!!

Friday, 2 March 2012

Ketika Bayi Mulai Tumbuh Gigi


Foto diambil dari sini.

Kapankah pertama kalinya gigi akan mulai muncul dari gusi bayi Anda? Pada umumnya, gigi pertama akan tumbuh ketika bayi berumur sekitar 6 bulan, tapi ada kalanya mungkin muncul sejak usia 3 bulan atau hingga di akhir usia 14 bulan, yang semuanya tergantung pada faktor-faktor genetik dari orang tua, atau jika bayi Anda prematur (yang cenderung tumbuh gigi lebih lambat dari pada yang terlahir tepat waktu). Apa yang bayi akan alami saat tumbuh gigi juga sangat bervariasi. Beberapa bayi memiliki gejala seperti air liur yang berlebihan atau mudah tersinggung, beberapa minggu sebelum gigi sebenarnya muncul, sementara bayi-bayi yang lain tidak menunjukkan tanda-tanda sama sekali.


Tahap Pertumbuhan Gigi Bayi

Biasanya, gigi bayi tumbuh secara berpasangan. Pertama, tumbuh dua gigi bawah di bagian tengah. Sebulan kemudian, tumbuh dua gigi di atasnya. Namun, tidak jarang kita melihat bayi dengan empat gigi pertama di bawah, tanpa gigi atas, atau sebaliknya. Tahapan pertumbuhan gigi bayi yang umum terjadi:

6 bulan: gigi seri bawah di tengah
8 bulan: gigi seri atas di tengah
10 bulan: gigi seri lainnya di bawah dan atas
14 bulan: gigi geraham pertama
18 bulan: gigi taring
24 bulan: gigi geraham kedua


Tanda-tanda Bayi Tumbuh Gigi

Mengingat bahwa proses ini berbeda untuk setiap bayi, beberapa gejala yang umum terjadi adalah:

Menggerogoti/menggigiti sesuatu. 
Naluri mengunyah mungkin adalah respon terhadap sensasi aneh yang dirasakan oleh bayi, terhadap sesuatu yang sedang terjadi di gusinya.

Gusi bengkak. 
Sebelum gigi keluar, kemungkinan terjadi bengkak dan merah pada daerah gusi bayi. Kadang-kadang Anda dapat melihat samar-samar tonjolan gigi di dalam gusi tersebut.

Air liur berlebihan. 
Peningkatan air liur dapat menjadi tanda bayi akan tumbuh gigi baru, namun juga merupakan tahap perkembangan normal pada bayi. Jadi jangan langsung berasumsi bahwa air liur berlebihan berarti bayi akan tumbuh gigi.

Rewel, terutama di malam hari. 
Ketika gigi bergerak melalui tulang dan gusi, sensasinya cenderung muncul secara bertahap. Aktivitas tersebut lebih banyak terjadi pada malam hari dibandingkan siang hari, sehingga bayi Anda mungkin menjadi lebih sensitif pada waktu tersebut.

Menarik telinga. 
Hal tersebut bisa merupakan tanda terjadinya infeksi telinga, namun juga dapat menjadi gejala bayi tumbuh gigi. Rasa sakit dari rahang juga tertransfer ke saluran telinga.

Perubahan kebiasaan makan. 
Bayi yang makan makanan padat mungkin ingin perawat atau susu botol lebih karena sendok mengiritasi gusi meradang mereka. Orang lain mungkin melakukan yang sebaliknya, makan lebih dari biasanya karena counterpressure terasa baik. Dan bayi yang masih berada di botol atau payudara mungkin mulai makan dengan penuh semangat tetapi menarik kembali karena aktivitas mengisap menempatkan tekanan tidak nyaman pada gusi dan saluran telinga.


Cara untuk Mengurangi Rasa Sakit

Anda mungkin perlu mencoba beberapa metode untuk mencari apa yang terbaik untuk anak Anda:

Kain basah dan dingin. Kompres gusi bayi Anda dengan kain tersebut. Anda juga bisa memasukkan mainan lunak yang biasa digigit oleh bayi ke dalam lemari es.

Massage atau pijat. Jika gigi bayi masih jauh di dalam gusi dan belum membengkak, cobalah untuk memijat gusinya dengan gerakan/tekanan ringan dengan jari Anda yang bersih (atau dilapisi dengan kain bersih).

Pengalihan. Rasa nyeri akibat tumbuh gigi sering menyebabkan bayi merasa tidak nyaman. Anda dapat menenangkan bayi dengan mengalihkan pikirannya dari rasa sakit. Beri dan tawarkan dia mainan-mainan baru. Jangan meremehkan kekuatan penyembuhan melalui sentuhan: dengan memeluk dan mengusap bayi Anda bisa mengalihkan pikiran bayi dari rasa sakit di mulutnya.


Kapan Anda Harus Menghubungi Dokter?

Karena beberapa tanda tumbuh gigi sebenarnya bisa jadi juga adalah tanda penyakit, segera hubungi dokter jika gejalanya memburuk (misalnya demam mencapai 38° C atau lebih tinggi) atau sakitnya lebih dari beberapa hari. Sama halnya jika tidak ada gigi yang tumbuh hingga bayi berumur 15 bulan. Kemungkinan dokter anak mungkin akan menyarankan untuk membawa bayi Anda ke dokter gigi untuk sinar x.

Proses tumbuh gigi akan berlangsung sekitar dua tahun. Tetapi setelah beberapa gigi pertama tumbuh, prosesnya cenderung lebih tidak menyakitkan. Setelah beberapa gigi pertama muncul, cobalah untuk mulai membersihkannya dua kali sehari dengan menggosok gigi dengan kain lembut.

4 comments:

Thank you for sharing your thoughts and opinions :)