Ingin tahu ulasan mengenai film-film lama hingga yang terbaru? Ingin tahu film-film apa yang wajib ditonton dan yang tidak? Jangan lupa kunjungi Our Cinema Sanctuary, blog berisi review2 film (yg pastinya sudah saya tonton, hehe...). See you there...!!!

Thursday, 5 March 2009

Fanning was being "Push"-ed So Hard

Bercerita mengenai orang-orang yg memiliki kemampuan super, yang disebut movers (kekuatan menggerakan benda2), watchers (kekuatan melihat masa depan), pushers (kekuatan mempengaruhi fikiran orang lain), shifters (kekuatan mengubah tampilan benda2), sniffers (kekuatan melacak sesuatu), shadows (kekuatan menghilangkan objek yg berada didekatnya), stitchers (kekuatan penyembuh), dan bleeders (kekuatan penghancur melalui suara)--(thanks to Ode who kindly remind me those names), PUSH menyuguhkan sebuah tontonan yg seru, full of special effects. But that's it...! No more special things.

Berawal dari cerita mengenai orang-orang berkemampuan super generasi pertama yang diburu oleh Division, sebuah organisasi yg (mungkin) tugasnya meneliti dan mengembangkan kemampuan para superhuman tersebut. Beberapa tahun kemudian, Division terus berusaha meningkatkan kemampuan para manusia super, namun terus-menerus gagal. Kecuali pada satu percobaan, yaitu percobaan yg dilakukan kepada Kira Hudson (Camilla Belle). Namun karena Kira kabur dari laboratorium, ia pun menjadi objek buruan Division. Di sinilah Nick Gant (Chris Evans), Cassie Holmes (Dakota Fanning), dan para manusia super lainnya (generasi kedua) bekerja sama untuk menyelamatkan Kira dan diri mereka dari kejaran Division.

Banyak hal yg terasa "bolong" pada plotnya. Hal-hal yg tidak terjelaskan, seperti: Mengapa Division mengejar (bahkan bisa membunuh) para manusia super tersebut? Apa latar belakang dan tugas Division, dan untuk apa? Bagaimana nasib ibu dari Cassie Holmes selanjutnya? Seakan2 penonton dianggap seperti sudah mengetahui semua itu tanpa harus dijelaskan lebih detil. Atau jangan2 memang film ini berdasarkan novel best seller yg sudah dibaca oleh puluhan juta orang di dunia? Kalau iya, kok saya belum membacanya ya? Atau jangan2 otak saya yg "gak sampai" mencerna hal2 itu? Sedih amat...

Mengenai ending-nya? Agak parah, nanggung, yg terlintas di fikiran: "Ya elah, cuma gitu doang? Kenapa gak dari awal aja sih begitu?" So shallow.

Mengenai karakter, sepertinya Dakota Fanning yg akan lebih dibahas di sini. Bukannya tidak mau membahas Chris Evans, tapi sejauh ini Evans tidak pernah membuat kesan tersendiri dengan kualitas aktingnya. Oke, Dakota Fanning... Mmmmm... Belum pernah saya tidak terkesan dengan akting Fanning, kecuali di film ini. Karakternya agak terlalu dipaksakan, menjadi remaja 13 tahun yang berpenampilan SANGAT dewasa. Tidak hanya cara berpakaian, namun juga tatanan rambut, cara berjalan, sampai nada bicara (terutama adegan ketika dia mabuk), tidak bisa dibawakan dengan baik oleh Fanning. Entah karena image Fanning yg terlalu lekat dengan anak perempuan kecil baik2, rapuh, dan tidak berdaya, atau memang karena dia kurang dalam riset pendalaman karakter.

Untuk para penggemar Fanning, lebih baik berfikir lagi jika berharap mendapatkan akting total seperti di film2 sebelumnya. Kecuali kalau motifnya memang hanya ingin menonton Fanning, tak lebih dari itu, silakan saja.

8 comments:

  1. huaa... hebat ibu yang satu ini resensinya... ga kepikiran untuk jadi penulis resensi lepas untuk film ?!

    ReplyDelete
  2. Thank you Quin.. Wah, kalau jadi penulis lepas tar malah kelepasan, hehehe...!!!

    ReplyDelete
  3. Agree...the movie was so-so...but belle looks delicious :P

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. kayaknya yg menghibur di film itu emang cuma Camilla Belle (matanya itu lho...) xixixixi...

    Kalo buat cewek, apa lagi kalo bukan six-pack-nya Chris Evans :P

    ReplyDelete
  6. Iyaa...matanyaa....sad looking eye....

    ReplyDelete
  7. Kayak gw ya? Makasih De...
    Bwahahaha...!!!

    ReplyDelete
  8. post comment yang dihapus apa ya isinya? lupa euy :P

    ReplyDelete

Thank you for sharing your thoughts and opinions :)