Ingin tahu ulasan mengenai film-film lama hingga yang terbaru? Ingin tahu film-film apa yang wajib ditonton dan yang tidak? Jangan lupa kunjungi Our Cinema Sanctuary, blog berisi review2 film (yg pastinya sudah saya tonton, hehe...). See you there...!!!

Saturday, 11 July 2009

One of My Passions...

Saya cinta musik.

Sewaktu saya masih jauh lebih muda dari saat ini, tepatnya waktu duduk di kelas 1 SMP, saya berkenalan dengan dunia musik. Tak hanya sekedar penikmat, namun kali itu adalah pertama kalinya saya secara resmi bergabung dalam sebuah band.

Band pertama saya waktu itu terdiri dari 4 orang, seluruhnya wanita. Awalnya, kami semua tidak dapat memainkan alat musik apapun. Namun dengan modal nekat (dan rasa penasaran yg tinggi), kami akhirnya diajari bermain musik oleh paman dari salah satu personil. Pada waktu itu, posisi saya di band adalah keyboardist.

Band tersebut hanya bertahan hingga 2 kali latihan saja. Kemudian saya dan si Vokalis bergabung membentuk band baru dengan 3 orang laki2, yang juga murid SMP yg sama, yang mana band tersebut akhirnya didaulat menjadi satu2nya band yg didukung oleh pihak sekolah. Hal ini membuat kami dapat menggunakan alat2 band milik sekolah dengan bebas, asalkan di luar jam belajar. Bahkan seorang guru kesenian juga dengan suka rela membimbing dan mengajarkan kami.

Namun tiba2, seorang personil band kami yg memainkan bass, dikeluarkan dari sekolah karena pelanggaran peraturan yg cukup berat. Jadilah waktu itu band kami "pincang" karena tidak ada pemain bass, dan tidak ada yg bisa menggantikan posisinya. Di tengah situasi yg membingungkan tersebut, saya akhirnya memutuskan untuk mencoba menggantikan posisinya, menjadi bassist.

Sebelum bermain bass, saya terlebih dahulu belajar bermain gitar. Semua saya lakukan secara otodidak, meminjam gitar teman, membeli buku2 petunjuk bermain gitar, dan berlatih memainkan lagu dari majalah2 Music Book Selections. Sepertinya ayah saya memperhatikan ketekunan saya. Saya masih ingat betapa gembiranya, ketika suatu hari ayah saya kembali dari kantor sambil membawa sebuah kotak besar, yang ternyata berisi gitar! Merk-nya Kaebu, masih sering saya mainkan sampai sekarang.

Setelah bisa bermain gitar, dengan sendirinya saya paham bagaimana bermain bass. Sejak itu, saya resmi menjadi bassist di band tersebut. Lagu2 yg dimainkan saat itu adalah lagu2 dari Cranberries, Green Day, Oasis, dan band2 lain yg waktu itu sedang terkenal. Tak ketinggalan lagu2 dari band favorit saya, Nirvana.

Band tersebut bubar ketika kami melanjutkan SMA ke sekolah yg berbeda. Di SMA saya tidak nge-band lagi, sampai pada akhirnya saya bergabung dengan band kenalan teman saya. Band tersebut hanya memiliki 3 personil (termasuk saya), dan kami masing2 berasal dari sekolah yg berbeda. Dari band inilah saya kenal dengan aliran musik blues dan jazz, yang akhirnya membuat saya jatuh cinta dengan kedua jenis aliran tersebut hingga sekarang.

Lagi2 band tersebut harus bubar karena kami meneruskan kuliah di kota dan negara yg berbeda. Si Drummer tetap di Jakarta, si Guitarist kuliah di Amerika, dan saya sendiri meneruskan kuliah di Bandung. Namun tak lama kuliah di Bandung, saya kembali tergabung dalam sebuah band baru. Kali ini personilnya berjumlah 7 orang, dan hanya fokus pada aliran musik jazz dan blues. Saking seriusnya, saya bersama si Drummer dan si Guitarist sampai mendaftar di sekolah musik Purwacaraka Bandung, hanya untuk mendapatkan dasar2 musik (membaca not balok, ketukan, dsb), hingga cara2 memainkan alat musik masing2 dengan cara yg "benar".

Beberapa tahun berlalu, namun akhirnya band tersebut pun harus bubar. Apalagi ditambah si Keyboardist tiba2 meninggal dunia karena kecelakaan, ketika dirinya bersama dengan keluarganya sedang merayakan keberhasilannya meraih gelar sarjana.

Beberapa tahun berlalu sejak saya terakhir bermain band, hingga suatu saat atasan saya di kantor menawarkan kesempatan untuk membantu dalam sebuah proyek yg sedang dilakukan oleh suaminya. Proyeknya adalah: bermain band untuk acara di kantornya, membawakan 10 lagu Led Zeppelin.

Awalnya saya ragu2 menerima tawaran tersebut, karena sudah lama tidak bermain bass. Namun dorongan untuk merasakan kembali hawa panggung, suara nyaring sound system, dan kenikmatan bermain musik dalam sebuah band sangatlah kuat, akhirnya saya menerima dengan senang hati.

Ternyata, saya sangat bersyukur dengan keputusan tersebut Akhirnya, beberapa bulan yg lalu, saya kembali bisa bermain bass, membawakan lagu2 yg sejak dulu saya sukai, disertai dengan balutan chemistry yg kuat antar personil band (padahal mereka baru saja saya kenal), hingga mendengarkan sorakan riuh penonton, yang saya kira sudah tidak mungkin lagi saya dapatkan. Sayang, itu hanyalah proyek sekali waktu, bukan permanen.

Saya sangat menikmati saat2 itu, sambil terus bertanya-tanya, apakah di kemudian hari saya bisa mendapatkan hal seperti itu lagi? Jadi, bagi kalian yang memiliki mimpi, bersyukurlah jika kalian berhasil mengejar mimpi itu. Karena banyak orang yg belum memiliki kesempatan seperti yg kalian dapatkan.

49 comments:

  1. Hidup memang semestinya penuh warna....hidup yang penuh gairah....kapan manggung lagi neh....?

    ReplyDelete
  2. waduh,....sumpah saya pengagum para perempuan yang pandai bermain alat musik,kayak maiajandahmad dan sherina,xixix....kini tambah lagi Ariyanti,...kapan bikin album ? saya pasti beli....

    ReplyDelete
  3. @ bongjun : ari dari sma udah kenal nada, udah gitu suaranya bagus nian loh... kalo karaoke pas lagi lagu2 aneh pasti beliau yang turun tangan. dulu SMA beliau mirip2 oppie andaresta gitu. semuanya dari suaranya ampe gayanya:D
    *curhat*

    Beda ama sayah yang buta nada :D *kok bangga sih buta nada?*
    hihi.. jadi testimonial, gpp ya ri

    btw, bole juga saran om bong. Bikin album blogger dong :D

    ReplyDelete
  4. sialll gua kok ga pertamax ?!

    ReplyDelete
  5. waaahhh salut neh mbak....bisa maen gitar...anak band...lagu yang di bawain juga kerennn..salut mbak...

    ReplyDelete
  6. mba' arie nii banyak 'ternyata ee ternyata' nya iia... ck ck ck... binun nii mo prioritasin komen yg mana ke mana dulu nii :( hihihihi...

    anjrit binun saiia... sebagai sesama pencinta 'Cobain'... gmn klu kita ngeGrunch sesekali (berdasar opini Quinie yg 'pas lagi lagu2 aneh pasti beliau yang turun tangan') atawa ber 'Kashmir' an lg.. ck ck ck.. sayang proyeknya gag permanen... pincah2 gonta/i band sampe ngejajal om purwacaraka... ck ck ck... hingar bingar sound system, riuh rendah penonton... baca not, yuuu baca tabulature di tmp Q :p (promosi teteeeeepp). Go get the dream!!!

    @ Quinie : situ tuan rumah di maree?!?!??!

    ReplyDelete
  7. kelihatan dari tulisan-tulisannya, kalo dikau itu pandai bermusik ...

    ReplyDelete
  8. lho.. kok jd anonymous.. :D

    ReplyDelete
  9. Masyallah... ternyata pemain musik juga, teman saya yang satu ini.a great passions sis.semangat dan sukses ya sis.

    ReplyDelete
  10. dulu saya juga pernah di tawarin,salah satu group musik. tapi dangdut.Ya ogah ah nggak bisa goyang hueheeh.

    ReplyDelete
  11. wah saya juga suka musik musik membuat kehidupan

    ReplyDelete
  12. saya suka musik

    selamat pagi sahabat setelah sekian lama aku off ngeblog kini ku datang kembali...salam hangat

    ReplyDelete
  13. eehh, ternyata dulu anak band toh? kerennn.... saya paling salut sama perempuan yang bisa bermusik, ato menulis ato melukis.

    ReplyDelete
  14. wah kayanya bakat n minatnya di musik nih, sayang kalo ga diterusin....
    saya jg seneng maen gitar, tp ga berkembang n blom pernah nyambung kalo maen bareng.
    mungkin saya bikin album aja ya buat nyaingin 'Sendiri Dulu'-nya Ari Lasso. judulnya 'Sendiri Terus' :D

    ReplyDelete
  15. wah.. enak juga ya punya band..

    ReplyDelete
  16. Aku sama sekali belum pernah ngeband mba, ngga ada yang ngajak. Palingan aku cuma bisa jadi penikmat doang

    ReplyDelete
  17. belom dapet award lagi yeee.... belom apdet.. ;p

    ReplyDelete
  18. agghhh.. salah nulis koment.. mangaaap.. itu harusnya buat si hamster. kekekkee

    ReplyDelete
  19. aku juga pernah ngeband waktu smp.. nama bandnya the rainbow.. cupu bangt de.. ;p

    ReplyDelete
  20. kapan yah? bisa manggung bersama, Aku dari SMA pegang Drum.....

    ReplyDelete
  21. saya suka musik, suka ngeband , suka ngeblog trus suka makan, apa lagi ya ...:D

    yang pasti suka ngejunk diblog

    salam kenal ya

    ReplyDelete
  22. owww.. pernah jadi anak band ya..?? sama dong kalo gitu.. heheh..
    have a nice day....

    ReplyDelete
  23. met week end anak band.. semoga harimu menyenangkan...:-)

    ReplyDelete
  24. Hwaa..
    Jadi inget dulu pertama kali belajar gitar kelas 1smu. Tapi baru belajar sebentar uda nyerah. Gak tahan sama sakitnya. Ane emang payah kalo s0al musik. Jangankan gitar, pianika sama seruling aja ancur2an. Hwkwkwk,,

    ReplyDelete
  25. Gembala: gak tau kapan, gak ada yg ngajakin, hehe...
    Bongjun: album foto sih ada bongjun, yakin mau beli? buat nakutin tikus sih lumayan, xixixi....
    Quinie: jadi (gak) enak nih dipuji2 Quin, tapi tetep... Kerispatih tetep elo deh yg "megang", manstab!! :)
    Buwel: Makasiy buwel :)
    Genial: Weeehhh, komen mu keren bener, makasiy yaaa :)
    Acha: makasiy acha.. Untung gak jadi Anonymous, hati2 tar dirimu malah disangka Anonymous yg lagi dicari2 para blogger akhir2 ini, hehe... :P
    Aisha: makasiiy ya sis aisha.. waaah, harus belajar goyang sama dewi perssik n bunda Inul dong, hehe... :)
    Ajie: setuju bro..!
    Bunga Raya: Met datang kembali yaa... :)
    st_hart: waah, terima kasih ya.. Berarti cuma belum bisa melukis nya nih aku, hehe...
    Usil: Wah, boleh boleh... Siapa tau ada produser musik yg mampir kesini, siap2 direkrut yaa :)
    AeArc: Iya, enak banget... sayang sekarang udah gak lagi... :(
    Soulharmony: met berkunjung, silakan diminum tehnya :)
    Antaresa: Gakpapa, band2 kan butuh penikmat seperti dirimu yg membuat mereka sukses :)
    Chrysanti: Gak papa sis, hehe... Oh ya? Sama dong kita? Toooosss...! :)
    Seti@wan: Ohya?? Ayo, ayo.. Kita bikin Blogger Band! :)
    Cow: Salam kenal juga yaa, thanks dah mampir :)
    Ifoel: wah, dirimu juga yaa... Have a nice day too :)
    Gorontalo: Sama2, semoga wiken mu juga menyenangkan yaa.. :)
    Melyn: Gapapa sis... Btw, kasian amat pianika sama serulingnya diancur2in, hehe...

    ReplyDelete
  26. Bicara soal musik, saya tak tahu apa-apa. Saya cuma suka menikmati.

    ReplyDelete
  27. wah keren buanget nih...ada basis cewek, aku paling demen ama cewek nyang nyukai muzik....wow keren

    ReplyDelete
  28. ter nyata pencinta music . aku juga sempet bikin band, tapi bubar, moga succes sob. btw studio nya di daerah mana?

    ReplyDelete
  29. wuih keren deh sis, apalagi musisi perempuan,dua jempol deh!! btw saya termasuk yg gagal dalam bermusik,dan saya menyalahkan bakat hahaha (dasar raja ngeles),sejak SMA saya udah pegang gitar,kuliah pun punya 3 gitar,tapi sampe skrg ga bisa main gitar secara lepas tuh,kalo cuma nyontek MBS,anak kecil aja juga bisa yaaa ..arrghhhhhhh

    ReplyDelete
  30. ternyata eh ternyata
    jago maen bass juga nih
    hehehehehe

    ReplyDelete
  31. Kopas dari FB....apa dari sent items sms ya? hehehehe...lupa ah...yang pasti intinya sama...

    If you had the chance in music again, Just do it hun..i'll be right there beside you to support..you can still live your dream, your passion

    luph ya hun :)-

    ReplyDelete
  32. wah ternyata multi talenta banget nih sobatku...ngomong2 soal band favorit dulu kayanya sama, Curt Cobain sang vokalis, saya suka ama gayanya yg Cool. Tahun 90-an memang jamannya Metal..saya juga suka Metallica sampe jual2 kaset nonton konsernya di Lebak bulus..ok sukses selalu sobatku

    ReplyDelete
  33. Zian: Gapapa Zian, kalau gak ada penikmat musik, pasti penyanyi2 dan and2 gak ada yg laku kan? Hehehe...
    Nyegik: Makasiy yaa...
    Ajay: Sama yaa... waktu sekolah studionya di pondok kelapa. Kalo yg terakhir di daerah benhil.
    MrP: Weiits, tetep aja yg dilihat usahanya mister, gak cuma hasilnya. MBS berjasa juga tapi, hehe... Tetap semangat yaa..! Btw, gitar 3 biji masih ada tuh?
    Yanuar: Bisa doang, belum tentu jago kok, hehe...
    Nod: i know u will Nod.. Luph ya too :)
    Iwan: Ohya? Masih ada gak kaset konser Metallica-nya? Sukses juga untukmu yaa :)

    ReplyDelete
  34. ih keren euy, bisa maen bas :D

    ReplyDelete
  35. waaaahhh pantesan namanya my blues...heheheheheh....nglihat comentnya mbak sya....ternyata suaranya mirip oppie amdaresa ya mbak.......tambah kereeennnnnn...heheheeh

    ReplyDelete
  36. kapan live concert nya mbak? :)

    ReplyDelete
  37. saya punya award untuk mbak yanti...
    periksa di blog saya... :D

    ReplyDelete
  38. Buwel: Betul dong, mirip Oppie Amdaresa (bukan Oppie Andaresta kan, hehe...) Thank you :)
    Lidya: Kalo di kamar mandi sih hampir selalu, hehe... Eh, pas karaoke juga ding... Karaoke kita? Xixixi...
    Gelza: Wakkkss... Benarkah??? Cihuuuyy...!!! Makasiy yaa...! Berangkaattt!!!

    ReplyDelete
  39. ooh cerita nya sunnguh mengharukan...pesan terakhirnyapun teramat dalam...tapi baru tahu nih mbak ariyanti bisa main bass..! thanks

    ReplyDelete
  40. Angga: Makasiy Angga... Gimana dengan impianmu? Tercapaikah? :)

    ReplyDelete
  41. @ genial : hoho.. kalo di blog ini, tetep dong, tuan rumah si Ari :p. Gua pengunjung doang yang udah siap ketok pintu pas beliau update blognya :D

    Ri, bikin single bareng blogger. Kaga usah yang mahal2, yang biasa ajah...
    Tuh genial ternyata punya bakat terpendam selain jago potosop.
    Ntar gua promoin supaya lu bisa masuk dapur rekaman! hidup blogger!!! tapi jangan lupa tetep ngeblog ya kalo udah tenar ^^

    ReplyDelete
  42. one more thing, dahsyatt banget jumlah komen di tempat lu.. ck ck ck... great!!! hihi... seru juga kan ngeblog ? :D

    ReplyDelete
  43. Quinie: Gw mah siap aja kalo ada yg ngajakin, hehe... Iya, gak nyangka juga neh... Tetep aja gw masih jauh ilmunya dibanding bu guru Quinie, xixixixi :)

    ReplyDelete
  44. aku dari dulu pengen banget nyanyi!!! sayang suara pas pas an :( makanya sneng tiap kali karaokean hahaha

    sekalikalinya dulu pernah ikutan PR Idol (acaranya Pikiran Rakyat)

    kalah, yes... but the world once listened to me :D

    ReplyDelete
  45. waaahh.. salut.. gue demen tuh cewek yang bisa main musik

    ReplyDelete
  46. Taz: Waaah, aku juga suka karaoke! Ayo kita karaokean! Love your spirit sis! :)
    artivisualizer: thank you, salam kenal :)

    ReplyDelete

Thank you for sharing your thoughts and opinions :)