Ingin tahu ulasan mengenai film-film lama hingga yang terbaru? Ingin tahu film-film apa yang wajib ditonton dan yang tidak? Jangan lupa kunjungi Our Cinema Sanctuary, blog berisi review2 film (yg pastinya sudah saya tonton, hehe...). See you there...!!!

Tuesday, 16 June 2009

Most Annoying Things at the Theater

Saya mencintai film.

Saya menikmati segala genre film, dari mulai action, drama, horror/thriller, science-fiction, comedy, musical, dll. Saya sangat menikmati setiap detilnya, mulai dari camera angle, plot, akting, dialog, hingga musiknya.

Tidak hanya menonton di bioskop, saya pun bisa menikmati film walaupun hanya menonton di DVD. Saya menyebutnya "High-Quality-Pirated-DVD" (DVD Bajakan Berkualitas Tinggi), yaitu DVD yg memiliki kualitas gambar yg bagus (kalau bisa tanpa cacat), subtitle (teks) bahasa Inggris yg sempurna, bahkan jika beruntung, ada Bonus Features-nya. Jujur, saya masih membeli DVD bajakan, bukan karena tidak menghargai karya2 original namun semata2 karena masalah klasik: keuangan. Saya belum bisa rela jika saya harus mengorbankan passion saya terhadap film hanya karena saya tidak mampu membeli DVD original. Toh saya tetap sangat menghargai karya para pembuat film dengan tetap menonton film2 buatan mereka, terlepas apakah melalui DVD Original maupun tidak.

Karena saya sangat menikmati film, saya tidak pernah mau ketinggalan setiap detik dan setiap detil adegan dari film-film yang saya tonton. Bahkan orang-orang yang sudah biasa (atau pernah) menonton film dengan saya pasti paham, bahwa dalam durasi 1,5 jam hingga 2,5 jam (atau lebih, tergantung durasi film) saya akan menjadi seperti patung: tidak bergerak, tidak berbicara, dan tidak bereaksi terhadap apapun, hanya terus menatap dan menyimak setiap adegan film. Tidak ada yg bisa mengganggu dunia saya saat sedang menonton film, dan saya pun tidak akan mengganggu siapa pun.

Kembali ke bioskop.
Menonton di bioskop sangat menyenangkan: sound system menggelegar, kursi besar & empuk, dingin, juga layar raksasa. Namun kendalanya, bioskop merupakan salah satu tempat yang paling berisiko tinggi bagi saya untuk kehilangan kenikmatan menonton. Banyak sekali gangguan2 yg saya temui di bioskop dan dapat menghilangkan konsentrasi. Salah satu teman baik saya bahkan sampai sekarang tidak suka menonton di bioskop, karena kenikmatannya menonton film (hampir) pasti akan selalu rusak. Bahkan ada pula teman lain yang kerap kali terlibat bentrok dengan orang lain di bioskop, karena masalah yg serupa.

Apa saja sih hal-hal yang dapat mengganggu dan merusak mood ketika menonton di bioskop?

  • Orang yang mengobrol...
Ini jelas sangat pengganggu nomor 1. Buktinya, hampir di setiap sebelum pemutaran film, pasti di layar tertulis: Dilarang Berbicara! Namun sepertinya peraturan itu dianggap sambil lalu oleh para Pengobrol. Walaupun suara film sudah keras, tapi mereka tidak menyadari kalau suara mereka masih bisa menjadi sangat mengganggu.

Pengobrol ini ada berbagai jenis: Pertama, ngobrol bukan mengenai film (out of topic). Bukannya nonton malah curhat. Di kafe aja Mba, jangan di bioskop! Hehe... Kedua, terus2an bertanya: "Ini siapa? Terus dia ngapain? Maksudnya gimana? Bukannya tadi dia udah ditangkep?" Dst... Dst... Cape deeehh... Ketiga, yang terakhir, adalah yg paling KEJAM di antara para pengobrol, yaitu: SPOILER. Spoiler adalah orang yg suka membocorkan apa yang akan terjadi kemudian, dan biasanya merupakan kunci utama dari film itu. Contohnya: "Harta karunnya tempatnya disitu," "Sebenernya penjahatnya yang ini, bukan yg itu," atau "Tokoh utamanya bakal meninggal di akhir film!" Oh my God... Menurut saya, men-Spoil film benar-benar "kejahatan" tidak bisa saya tolerir.

Baru-baru ini di US, ada peristiwa seorang Bapak yang sedang menonton film The Curious Case of Benjamin Button, ditembak oleh salah seorang penonton bioskop. Ternyata sebabnya karena Bapak itu mengobrol di sepanjang film. Fiuhh... Untung di Indonesia kepemilikan senjata api masih sangat dibatasi.

So please, kalau memang mau mengobrol, cukup dengan berbisik supaya tidak mengganggu orang lain.

  • Orang yang mengaktifkan nada dering handphone dan MENERIMA telefonnya!!!
Ini juga merupakan pengganggu nomor 2. Lagi2, pihak bioskop sudah berusaha untuk melarang penggunaan HP di dalam bioskop karena memang hal itu sangat mengganggu, namun tetap saja masih ada orang yg melanggar. Bunyi dering HP sudah sangat mengganggu, apalagi kalau sampai telefonnya diterima / diangkat. Lagi2, dia pasti akan berbicara, dan pasti akan semakin mengganggu penonton bioskop yang lain. Jadi tolong agar HP di-set ke mode Silent/Diam, atau kalau perlu dimatikan. Kalau sedang menunggu telefon penting, daripada mengganggu orang lain, lebih baik sejak awal tidak usah memutuskan untuk menonton bioskop.

  • Orang yang menendang kursi
Ini selain tidak sopan, juga jelas bikin kesal. Bayangkan saja jika kita sedang asik-asik nonton, tiba2 bangku kita ditendang2 sama orang di belakang kita. Benar2 tidak bisa ditolerir, hehe...

  • Orang yang make-out (bercumbu)
Biasanya orang2 ini mengambil posisi strategis di pojokan. Bukannya menonton film, tapi malah membuat film sendiri. Mereka sering mengira posisi di pojokan sangat menguntungkan, padahal gerakan-gerakan mereka justru bisa menarik perhatian. Mereka mengira kondisi bioskop yang gelap membuat mereka tak kasat mata, tapi sebenarnya aktivitas mereka tetap terlihat karena cahaya dari layar film.

  • Orang yang terlambat/bolak-balik/keluar-masuk
Kalau ini yang pertama adalah mengganggu pandangan. Ketika dia berjalan atau berdiri, sudah pasti menghalangi pandangan orang lain yg ada di belakangnya. Kedua, mengganggu orang lain yang harus dia lewati untuk menuju pintu keluar. Seperti yang sudah kita ketahui, jarak antara satu bangku dengan bangku di depannya agak sempit. Jadi dia harus permisi ke orang2 supaya bisa lewat, dan berisiko tinggi untuk menabrak atau menginjak kaki orang lain.

  • Orang yang membawa bayi/balita/anak2 (padahal rating filmnya: DEWASA)
Alasan pertama: bayi/balita/anak2 itu bisa tidak betah, kemudian menangis keras. Alasan kedua: rating film Dewasa memang tidak diperuntukkan bagi anak2. Pasti masih terdapat unsur2 kekerasan, bahkan erotisme. Rating tidak dibuat hanya untuk embel2 belaka, tapi merupakan peringatan bagi orang tua, untuk selalu waspada terhadap segala hal yg dikonsumsi oleh anak2 mereka. Para pekerja film, mulai dari Badan Sensor hingga pengusaha bioskop saja punya kepedulian terhadap anak2 dengan memasang Rating ini, masa' orang tuanya sendiri tidak peduli?

Kalau menurutmu, hal apa yang paling mengganggu saat menonton film di bioskop?

Please respect other people's right to enjoy the movie-which they have already paid for-

25 comments:

  1. aq tu paling males sama orang yang bolak-balik di depan ku duduk
    wuih
    bikin ilang kosentrasi, buyar semua dah

    ReplyDelete
  2. nonton.....?
    enakan dirumah x yeeee...
    paling keganggu ma iklan...
    (wedehhh. brerti TV dunk)

    ReplyDelete
  3. heheeee cerita awalannya asyiiik mbak, buwel benar2 terhibur ama neh tulisan......Lanjut ke tengah makin asyik juga, kirain spoiler tuh apaan...hehehehehhe..
    teruuuuuss, ngeri tuh ama cerita orang yang di tembak gara2 ngobrol di bioskop.
    lain2 nya asyiiik semua wes...tulisannya siiip...buwel suka....
    Untuk yang paling mengganngu mungkin rasa ngantuk pas ada di bioskop, khan ber ac terus kursinya empuk lagi...heeehee

    ReplyDelete
  4. untuk public area,susah untuk mengatur semua orang dengan karakter masing2 .. semoga kepedulian atas hak orang lain akan semakin tinggi

    ReplyDelete
  5. @Yanuar: Bener banget tuw, siluetnya suka ganggu..
    @Kang Dwi: Waks, kayaknya iya Kang, malah kalo iklan, bisa langsung ganti channel lain yg lebih menarik. hehe...
    @Buwel: Iya aku juga kaget pas googling nemu cerita bapak yg tertembak itu. Waaa... Bener tuh, kadang suka ngantuk! Pake jaket ngebantu dikit, tapi jangan bawa selimut tar malah bobo, hehe!
    MrPsycho: Bener mister, makanya demi nonton film, kadang harus berkorban sedikit deh, hehe... Amiin... :)

    ReplyDelete
  6. Kalau pengalaman saya, nggak pernah terganggu tapi sering mengganggu sis.Masalahnya saya kalau nonton mulut saya tanpa di sengaja ngikut action hehhe.Pernah bertengkar di bioskop dan trauma.sejak itu saya nggak pernah lagi nonton lewat bioskop.Bisa nggak bisa beli sendiri dan nonton di rumah :D

    ReplyDelete
  7. mbak aku juga suka bawa Pascal ke bioskop hehehe, tapi tenang aja dia gak ganggu kok. krn aku juga gak suka ke ganggu kalo nonton.

    ReplyDelete
  8. kalau misalkan udah kebelet mo ke toilet begimana dunk :D, kan nga bolak balik cuma sekali duank he3..
    untuk yang lainnya setuju jugaa

    ReplyDelete
  9. @Aisha: Ohya? Beneran sampai bertengkar sampai trauma? Duh... Semoga suatu saat traumanya bisa ilang yaa, dan kembali menikmati nonton di bioskop lagih :)
    @Lidya: Hehe... Siip!!! :)
    @Maya: kalau emang udah kebelet banget, ya jangan dipaksain juga, hehe... Walaupun aku selalu ke kamar mandi dulu sebelum masuk, tapi pernah juga kok sampai gak tahan mau ke toilet lagi. Betul itu, kalo bolak-baliknya gak sering belum mengganggu lah. Thank you ya dah mampir :)

    ReplyDelete
  10. paling menyebalkan kalo nonton, trus ditelponin dari kantor, pas lagi cuti... hihihi...

    ReplyDelete
  11. yg mengganggu...kalo lagi nonton eh tiba tiba kawan kita minta ditemenin atau minta dianterin ke toilet...he..he....thanks

    ReplyDelete
  12. setujuuu.. paling kesel kl ada yg ngajak ngomong, ngomong sendiri, terima telpon, dan nendang2. annoying! x(

    ReplyDelete
  13. @Quinie: Walah, itu combo banget Quin: udah ditelpon dari kantor, pas lagi cuti pula, bwahaha!!
    @Angga: Taktiknya, bilang aja dirimu harus stay di dalem studio, jadi pas temenmu balik lagi, dikau bisa nyeritain apa yg tadi dia lewatin pas ke toilet, hehe...
    @Wulan: Setuju bu, tooossss...! :)

    ReplyDelete
  14. Saya jarang nonton bioskop mbak..
    kalaupun nonton saya gak terlalu terganggu sih. mungkin krn gak terlalu hobbi nonton kali ya..

    ReplyDelete
  15. kadang2 hal2 spt itu ga bs kita hindari ... yg bs kita lakukan hanyalah mencoba mengerti dan tidak melakukan hal yg sama :P

    ReplyDelete
  16. iya, apalagi kalo orang yang duduk dibelakang suka ngetuk2in kakinya ke kursi kita.. trus ngobrol lagi!! HELLOOOOWWWWW...

    lokh kok jadi curcol? ;p

    ReplyDelete
  17. yup setujuuuuuu
    aku benci kalo ada yang jalan didepan kursiku
    mo thak tendang aja ke luar bioskop

    ReplyDelete
  18. @Bandit: Terus dirimu hobinya apa? Lebih seru ya pastinya? :)
    @Clairvoyant: Betul, saya selama ini berusaha sesabar mungkin dan sudah pasti gak mau melakukan hal yg sama.
    @Chrysanti: Gak papa curcol, tulisanku di atas juga curcol kok, hehehe...
    @Attayaya: Waks, jangan2 dirimu pemain bola ya? Xixixixi...

    ReplyDelete
  19. ah sama! benci sama semua yang disebutkan di atas!
    pasangan saya sih sering banget kalo udah ada orang yang ngobrol dengan ga tau dirinya dekat2 kita sama dia ditegor dengan sangat galaknya! kadang deg2an juga takut jadi ribut.. tapi kan emang dia harusnya diam dan kita yang benar karena berhak ya?
    hm... nonton dvd kadang lebih damai memang... :D

    ReplyDelete
  20. busett..
    beneran sampe ditembak.

    tu orang pasti keseringan nonton film psikopat.
    hhehe..

    ReplyDelete
  21. @Natazya: Waaah... Dirimu sama dgn diriku, punya pasangan yg "panasan" kalo kegiatan nonton filmnya terganggu. Emang kayaknya tugas kita untuk menenangkan mereka yaa, hehehe... Thanks yah dah mampir :)
    @Melyn: Beneran Lyn, serem banget kan? Hiiii...

    ReplyDelete
  22. Waduhh....jadi rame yah hihihihihi

    ReplyDelete
  23. @Nod: iya, semoga kamu juga yaa ;)

    ReplyDelete
  24. BTW hun...yang nomor 4...bukannya kita pernah ya? :P-

    ReplyDelete
  25. Nod: Yg mana? Terlambat? Iya pernah, hehe... Tapi kan gak bolak-balik :P

    ReplyDelete

Thank you for sharing your thoughts and opinions :)