Ingin tahu ulasan mengenai film-film lama hingga yang terbaru? Ingin tahu film-film apa yang wajib ditonton dan yang tidak? Jangan lupa kunjungi Our Cinema Sanctuary, blog berisi review2 film (yg pastinya sudah saya tonton, hehe...). See you there...!!!

Sunday, 7 June 2009

My Personality Disorder

Lagi iseng-iseng baca blog-nya Ode, ada tulisan yg judulnya Personality Disorder Test. Di situ, Ode menjabarkan personality disorder apa saja yg dia punya atau berpotensi muncul di kemudian hari. (Lagi-lagi) Karena iseng, saya coba juga mengambil tes yang sama, dan Bapak-Bapak, Ibu-Ibu, inilah hasil personality disorder saya:

Disorder | Rating

Paranoid: Low

Schizoid: Low
Schizotypal: Low
Antisocial: Low
Borderline: Low
Histrionic: High
Narcissistic: High
Avoidant: Low
Dependent: Low
Obsessive-Compulsive: Moderate

Mayoritas hasilnya Low. Well, that's good. Tapi... Lihat ada keanehan di situ? Terutama di bagian Histrionic, Narcissistic, dan Obsessive-Compulsive? Dua hal yang pertama ratingnya HIGH, dan hal yang terakhir ratingnya MODERATE. Hmmmm.... Coba deh masing-masing didefinisikan dulu, terus sekaligus dibahas kali ya...

Histrionic
People with histrionic personality disorder are constant attention seekers. They need to be the center of attention all the time, often interrupting others in order to dominate the conversation. They use grandiose language to discribe everyday events and seek constant praise. They may dress provacatively or exaggerate illnesses in order to gain attention. Histrionics also tend to exaggerate friendships and relationships, believing that everyone loves them. They are often manipulative.

Ok, let see. Attention seeker: bener (hihihi). Dominate the conversation: tergantung siapa yang sedang diajak bicara, kalau bos gak mungkin dong... Use grandiose language: kayaknya sering. Dress provocatively: Enggak banget! Exagerrate illnesses: boro-boro, kalau bisa malah jangan sampe sakit. Believe that everyone loves me: pasti dong, hehehe... Manipulative: iya lah, soalnya banyak orang yg lebih manipulatif di dunia dibanding saya, hehehe...

Narcissistic
Narcissistic personality disorder is characterized by self-centeredness. Like histrionic disorder, people with this disorder seek attention and praise. They exaggerate their achievements, expecting others to recongize them as being superior. They tend to be choosy about picking friends, since they believe that not just anyone is worthy of being their friend. Narcissists tend to make good first impressions, yet have difficulty maintaining long-lasting relationships. They are generally uninterested in the feelings of others and may take advantage of them.

Bwahahaha...!!! Ini sih gw banget...!!! But wait... Coba ditelaah dulu satu-persatu. Intinya gak jauh beda sama Histrionic, tapi ada yg beda juga. Choosy about picking friends: enggak banget deh, semua orang bisa jadi temen kok. Tend to make good first impressions: iya lah, kayaknya mayoritas orang kayak gitu kok. Have difficulty maintaining long-lasting relationship: hell no! Relationship yg saya alami mayoritas sampai tahunan kok. Uninterested in the feelings of others and may take advantage: ke orang2 tertentu iya, kenapa harus peduli dengan perasaan orang lain yang juga tidak peduli dengan orang2 lain dan sekitarnya?

Obsessive-Compulsive
While Obsessive-Compulsive personality disorder (OCDP) sounds similar in name to obsessive-compulsive anxiety disorder, the two are markedly different disorders. People with obsessive-compulsive personality disorder are overly focused on orderliness and perfection. Their need to do everything "right" often interferes with their productivity. They tend to get caught up in the details and miss the bigger picture. They set unreasonably high standards for themselves and others, and tend to be very critical of others when they do not live up to these high standards. They avoid working in teams, believing others to be too careless or incompetent. They avoid making decisions because they fear making mistakes and are rarely generous with their time or money. They often have difficulty expressing emotion.

Nah, ini dia yg saya heran... Kayaknya mayoritas yg didefinisikan dalam Obsessive-Compulsive itu gak cocok deh... Saya bukan orang yg perfeksionis, bukan orang yg detil, tidak memiliki standar yg tinggi, tidak keberatan untuk bekerja dalam tim, tidak pelit, dan tidak punya kesulitan sama sekali untuk mengekspresikan emosi. Kalaupun ada, mungkin porsinya sedikit sekali. Yeah, mungkin itu makanya hasilnya cuma Moderate. :)

Khusus mengenai narsis, memang banyak orang yang mengklaim saya narsis. Bahkan sangat narsis. Tapi gak tahu ya, saya tidak melihat sesuatu yg salah untuk menjadi seorang yang narsis. Intinya, saya mencintai diri saya sendiri, dan itu menjadi suatu keharusan. Saya mensyukuri apa yang saya miliki. Saya mensyukuri saya diberi nikmat yang luar biasa dari Allah SWT. Saya bersyukur bisa sekolah, saya bersyukur bisa bekerja, saya bersyukur tidak memiliki cacat fisik, saya bersyukur bisa makan sehat setiap hari, saya bersyukur saya bisa berolahraga, saya bersyukur bisa tertawa, saya bersyukur bisa melakukan apapun yang sudah saya lakukan hingga saat ini.

Rasa syukur itulah yang membuat saya mencintai diri saya. Membuat saya menjadi percaya diri, dan terutama, membuat saya menghargai diri saya sendiri. Karena dengan menghargai diri sendiri dan percaya pada diri sendiri, saya yakin akan bisa menghadapi segala hal di dunia ini. Sesulit apapun keadaannya.

Kesimpulannya, saya bangga menjadi seorang yg narsis! (hehehhee... beneran narsis banget ya?)

Tertarik untuk mencoba Personality Disorder Test? Klik link ini: Personality Disorder Test.

19 comments:

  1. Silakan Wulan, tar kasih tau hasilnya ya, hehe...
    Thanks udah mampir... :)

    ReplyDelete
  2. Waduuh...kalo ginian aku kurang nyambung maklumlah seekor hamster hehe

    ReplyDelete
  3. Tapi bisa kan jadi Hamster gaul :)

    ReplyDelete
  4. hulaa....salam kenal,

    narsis itu seru loh....:)

    ReplyDelete
  5. @adwidas: Yup, beccuulll...!!! Hidup narsis! Salam narsis :)

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen nyoba juga...kali ajah nggak high semua

    Salam kenal juga :D

    ReplyDelete
  7. Wah aku perlu banget ikut test ini hehehe,how psycho am I?

    ReplyDelete
  8. waduh,,banyak bhs inggrisnya nih
    nranslate dulu ya
    hehehehehe

    ReplyDelete
  9. wah hasil tsnya narsis abisssssssss
    ga pa pa deh
    daripada ga PD

    ReplyDelete
  10. @Kaka: Gimana hasilnya? Tar kasih tau yak!
    @Psycho: hehehe, kayaknya emang perlu deh :)
    @Yanuar: kalo dah translate, jangan lupa ikut test nya juga yah, heheh...
    @attaya: Bener banget tuuuuww :)

    ReplyDelete
  11. tentang sebuah test kepribadian...! kadang sulit menerima kalo kita kebanyakan hasil yang jeleknya...he...he...! tapi terlalu percaya diri (narsis) juga itu berlebihan kalo menurut gue...jadi apa adanya aja dan nikmati hidup ...thanks

    ReplyDelete
  12. @Angga: Iya juga siy, soalnya takutnya kalo terlalu narsis malah jadi gak mengakui dan memperbaiki kekurangan2 yg ada di diri kita ya, hehe... Thanks ya udah mampir :)

    ReplyDelete
  13. hoh? gua kok banyakan moderatenya :(
    jgn2....
    testnya salah...
    hihihihi

    ReplyDelete
  14. @Quinie: Wah, jangan2 memang dirimu berpotensi untuk memiliki penyimpangan kepribadian, hehehe... Bcanda Quin :)

    ReplyDelete
  15. hehe jadi inget kuliah

    ME histrionic sejati! *eh ga bangga sih hehehe

    ReplyDelete
  16. @Natazya: Dirimu kuliah psikologikah? Wah, kita sama2 Histrionic, toosssssss...!!!
    *bangga juga gak papa kok (nularin narsis, hehe...)

    ReplyDelete
  17. meski pada dasarnya aku tau apa yang jadi sifat dominanku, tapi penasaran juga nih, pewngen tau istilah ilmiahnya aja, ikutan ah :D

    ReplyDelete

Thank you for sharing your thoughts and opinions :)