Ingin tahu ulasan mengenai film-film lama hingga yang terbaru? Ingin tahu film-film apa yang wajib ditonton dan yang tidak? Jangan lupa kunjungi Our Cinema Sanctuary, blog berisi review2 film (yg pastinya sudah saya tonton, hehe...). See you there...!!!

Tuesday, 7 February 2012

Alasan Mengapa Anda Tidak Bisa Mendapat Pekerjaan yang Lebih Baik

Anda sedang mencari pekerjaan yang lebih baik? Anda tidak sendirian. Dari tahun ke tahun, "Mendapatkan Pekerjaan yang Lebih Baik" adalah salah satu resolusi Tahun Baru yang paling populer. Untuk memulai mencari pekerjaan dengan benar, berhentilah sejenak dan kenalilah, apa saja kesalahan yang Anda lakukan? Apa yang menghalangi Anda dari mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan? Coba lihat alasan-alasan di bawah ini, apakah terasa familiar bagi Anda?

1. Hanya melamar pekerjaan secara online. Mengirimkan resume secara online saja, sama seperti mengirimnya ke dalam lubang hitam. Banyak perusahaan mendapatkan ratusan aplikasi online dan seringkali tidak akan terlihat oleh mereka. Anda harus memiliki lebih dari satu rute dalam mencari pekerjaan. Coba perkuat network/jaringan atau memanfaatkan social media.

2. Tidak ada yang tahu Anda sedang mencari pekerjaan. Biarkan setidaknya beberapa orang tahu bahwa Anda sedang mencari pekerjaan baru. Anda tidak perlu mengumumkannya ke seluruh dunia (kecuali jika Anda mau!). Tetapi jika lebih banyak orang dalam jaringan Anda yang tahu bahwa Anda sedang mencari kerja, akan ada lebih banyak orang yang bisa mencarikan kerja untuk Anda.

3. Anda mencari pekerjaan yang salah. Jika Anda telah berjuang mencari kerja dalam waktu yang cukup lama, mungkin sudah waktunya untuk melihat ke bidang pekerjaan yang berbeda. Luangkan waktu untuk mempelajari trend dan bidang pekerjaan lain, yang mungkin di sana terdapat peluang yang bagus untuk Anda.

4. Resume Anda membosankan. Perbarui resume Anda dengan pengalaman Anda yang paling terakhir! Coba cari tahu cara-cara membuat resume yang "menyenangkan" pembacanya, namun tetap terlihat profesional.

5. Anda tidak memiliki akun social media atau jika punya, berisi hal-hal yang kurang baik. Hingga 91% para pencari karyawan akan mengecek social media. Paling tidak, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak menampilkan foto-foto yang "menantang", bahasa atau komentar yang aneh pada salah satu profil Anda.

6. Anda tidak tahu bagaimana caranya memanfaatkan wawancara informasional. Apakah Anda pernah mendengar istilah wawancara informasi? Tujuan dari wawancara ini bukan untuk mencari pekerjaan, melainkan untuk membangun hubungan (networking) dengan orang yang bekerja di bidang yang Anda minati, dan belajar lebih banyak tentang apa yang mereka lakukan. Meskipun Anda tidak boleh meminta pekerjaan dalam sebuah wawancara informasional, wawancara ini memungkinkan si pemberi kerja untuk mengenal Anda tanpa tekanan apapun. Jadi ketika ada lowongan, Anda akan berada di bagian teratas dalam daftar mereka.

Apakah Anda melakukan salah satu dari kesalahan-kesalahan tersebut?

10 comments:

  1. dulu aku justru selalu dapat pekerjaan dari internet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangankan dulu jeung, sampe sekarang kyknya masih banyak bgt job hunter yg wara-wiri di internet cari pegawai :)

      Delete
  2. memperluas jaringan sangat membantu untuk mendapatkan pekerjaan,tapi kebanyakan selalu gagal di sesi wawancara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali.. kalau mau tahu gimana lolos wawancara, coba search di blog ini, sudah pernah dibahas juga tips2 wawancara kerja :) siapa tahu bisa membantu...

      Delete
  3. memperbanyak jaringan itu memudahkan segala urusan, termasuk dalam hal mencari pekerjaan baru.

    ReplyDelete
  4. Meluangkan waktu untuk mempelajari trend dan bidang pekerjaan lain, yang mungkin di sana terdapat peluang yang bagus

    ReplyDelete
  5. Memperbaharui resume dengan pengalaman kerja terakhir supaya tidak monoton

    ReplyDelete
  6. menjaga "kebersihan" akun social media juga perlu...

    ReplyDelete
  7. walaupun perkembangan zaman kian menyuguhkan beragam kemudahan, tetapi melamar pekerjaan tidak melulu harus lewat online.

    ReplyDelete

Thank you for sharing your thoughts and opinions :)