Ingin tahu ulasan mengenai film-film lama hingga yang terbaru? Ingin tahu film-film apa yang wajib ditonton dan yang tidak? Jangan lupa kunjungi Our Cinema Sanctuary, blog berisi review2 film (yg pastinya sudah saya tonton, hehe...). See you there...!!!

Friday, 3 February 2012

Persiapan Sebelum Wawancara Kerja

Foto diambil dari sini.
Ketika Anda mendapat panggilan wawancara kerja, mungkin Anda langsung berfikir, ”Banyak sekali hal yang harus saya persiapkan!” Untuk membantu Anda memprioritaskan hal-hal yang harus Anda persiapkan, berikut ini adalah daftar penting yang harus dilakukan sebelum Anda melakukan wawancara kerja:

72 jam sebelumnya
Mulai melakukan riset. Lakukan riset terhadap perusahaan yang memanggil Anda untuk wawancara kerja. Kapan perusahaan itu berdiri, apa bidang usahanya, sejauh apa Anda menguasai bidang usaha perusahaan tersebut, apa saja prestasi perusahaan tersebut, dan sebagainya. Ini adalah hal yang harus Anda lakukan sendiri, jangan melalui orang lain.

Putuskan pakaian apa yang akan Anda kenakan dan bawa semua yang perlu dibersihkan ke dry cleaner/laundry.

48 jam sebelumnya
Kumpulkan daftar pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan beserta jawabannya, dan berlatihlah. Hal ini bisa menambah percaya diri Anda, sekaligus melatih intonasi dan volume suara yang cukup. Jika perlu, rekam suara Anda atau dengan handycam.

Pastikan Anda memiliki jawaban yang berhubungan dengan pekerjaan dan jawaban yang terdengar profesional, ketika pewawancara bertanya: “Silakan ceritakan tentang diri Anda...” Harus diingat, sebenarnya ini bukanlah kesempatan untuk bercerita tentang diri Anda sendiri. Ini adalah kesempatan untuk bercerita mengenai nilai-nilai yang akan Anda berikan bagi perusahaan tersebut.

24 jam sebelumnya
Ambil pakaian yang Anda masukkan ke laundry/dry cleaner 2 hari yang lalu.
Periksa prakiraan kondisi cuaca dan buat perubahan yang diperlukan atau penambahan pada pakaian Anda, tergantung cuaca tersebut: payung, sepatu atau jaket yang berbeda, dan sebagainya.

Tandai lokasi wawancara di peta dan pastikan rute yang akan Anda lalui. Tidak cukup hanya mengetahui gambaran umum saja mengenai arah mana yang akan Anda tuju. Jika perlu, lakukan survey tempat terlebih dahulu untuk mengetahui letak persis lokasi wawancara tersebut.

Ketahui lokasi di mana Anda akan parkir, dan berapa lama waktu yang harus ditempuh dari lokasi parkir ke tempat wawancara. Banyak perusahaan besar yang memiliki lebih dari satu pintu masuk.

Print/cetak berkas-berkas Anda seperti Surat Lamaran, CV, ijazah, dan sebagainya, tidak hanya satu kali, namun rangkap dua: satu untuk Anda dan satu untuk pewawancara. Seringkali pewawancara menghilangkan atau lupa menaruh dokumen pelamar. Ketika ia sedang sibuk mencari dokumen Anda di balik kertas-kertas di atas mejanya, Anda tinggal menawarkan copy yang Anda bawa. Ini menunjukkan Anda sudah mempersiapkan segalanya.

Semir/bersihkan sepatu Anda.

Rapikan setiap sudut-sudut lipatan pakaian Anda. Ini kerap dilakukan oleh para profesional.
Jika Anda adalah seorang perokok, Anda mungkin membutuhkan nicotine patch (jangan permen karet) untuk membantu menghilangkan kegugupan Anda saat wawancara.

Hari-H
Sikat gigi Anda sebelum memakai pakaian yang sudah disiapkan. Anda tidak ingin ada noda pasta gigi atau ada bercak air di pakaian rapi Anda.

Periksa kembali apakah Anda sudah membawa Kartu Identitas jika ternyata Anda harus melewati pemeriksaan petugas keamanan gedung.

15 menit sebelumnya
Anda sudah harus tiba di depan gedung. Jika Anda ingin minum atau makan sesuatu, hindari sesuatu yang kemungkinan akan meninggalkan noda (kopi, teh, dll) atau yang “meledak” (donat jelly, dll)

10 menit sebelumnya
Berada di lobi. Ini masih memberikan Anda cukup waktu jika Anda harus menghadapi petugas keamanan gedung, berhenti di lantai yang salah, dan sebagainya.

5 menit sebelumnya
Berada di depan resepsionis. Pastikan Anda menyapa resepsionis dengan ramah, baik ketika Anda baru masuk serta ketika Anda pergi meninggalkan tempat. Ingatlah, orang tersebut bisa jadi orang yang juga akan dimintai opini mengenai Anda.

Jangan mengobrol di telefon ketika menunggu. Anda dapat membaca koran atau majalah, lebih baik lagi mengenai industri perusahaan tersebut. Anda juga bisa duduk diam dan memperhatikan keadaan di sekeliling Anda.

Semoga Sukses!!!

11 comments:

  1. amin semoga tips persiapan sebelum wawancara kerja ini bisa bermanfaat buat yang masih nganggur dan mau nyari kerja

    ReplyDelete
  2. Keren... Ini perlu aku bookmark... nice post, mbak... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohiya, aku ijin copy-paste tulisan mbak ini di blog aku ya... Pasti aku sertain source link ke blog mbak ini kok... Ijin ya, mbak... Kalau ga boleh kasi tau aku ya... :-D

      Delete
    2. Boleh aja Fer :) Thanks :)

      Delete
  3. mempersiapkan segala sesuatu dengan matang semoga hasilnya juga memuaskan.

    ReplyDelete
  4. Jangan mengobrol di telefon ketika menunggu.

    ReplyDelete
  5. Artikel menarik, semoga bermanfaat untuk banyak pihak.

    ReplyDelete

Thank you for sharing your thoughts and opinions :)