Ingin tahu ulasan mengenai film-film lama hingga yang terbaru? Ingin tahu film-film apa yang wajib ditonton dan yang tidak? Jangan lupa kunjungi Our Cinema Sanctuary, blog berisi review2 film (yg pastinya sudah saya tonton, hehe...). See you there...!!!

Tuesday, 21 February 2012

Cintai Kulit Kepala


Foto diunduh dari sini.

Kulit kepala berminyak bisa sulit untuk ditanggulangi, karena produk-produk yang dapat mengurangi minyak pada kulit kepala juga dapat mengeringkan ujung-ujung rambut. Dalam kebanyakan kasus, solusinya adalah memperbaiki rutinitas perawatan rambut Anda.

Kulit kepala yang berminyak berasal dari kelenjar sebaceous yang terlalu aktif. Kelenjar-kelenjar ini terletak di dasar setiap helai rambut, memproduksi sebum, sebuah sekresi berminyak yang biasanya membuat kulit kepala Anda tetap lembab dan membuat rambut Anda terlihat berkilau. Tetapi faktor-faktor tertentu bisa menyebabkan kelenjar sebaceous menjadi berlebih. Penyebabnya misalnya perubahan hormon pubertas, kehamilan, dan menopause. Memiliki tingkat stres yang tinggi juga dapat mempengaruhi hormon, sehingga menambah permasalah tersebut. Bahkan faktor-faktor lingkungan seperti polusi udara dan panas, serta cuaca lembab juga dapat membuat kulit kepala lebih berminyak.

Mengobati Kulit Kepala Berminyak

Anda dapat memperbaiki penampilan rambut Anda dengan mencoba tips berikut:
  • Sering keramas dengan sampo yang tepat. Untuk membantu mengontrol minyak, cara yang terbaik adalah mencuci rambut setiap hari atau setiap dua hari. Carilah sampo bebas minyak yang dirancang untuk mengobati kulit kepala dan rambut berminyak. Jauhi sampo dengan bahan-bahan yang mengandung silikon atau lanolin, dan hindari produk yang menggabungkan sampo dan kondisioner dalam satu kemasan.
  • Gunakan strategi dalam menggunakan produk perawatan rambut. Pakailah sampo hanya untuk kulit kepala Anda. Jika ujung-ujung rambut Anda kering, gunakan kondisioner hanya pada ujung rambut.
  • Ikuti petunjuk pemakaian sampo dengan hati-hati. Jika di botol sampo diinstruksikan untuk mencuci, bilas, dan ulangi, pastikan Anda melakukannya. Di kali kedua Anda keramas, diamkan sampo di rambut Anda setidaknya selama lima menit, lalu bilas hingga bersih.
  • Gunakan sisir atau sikat rambut dengan lembut. Ketika Anda menyisir atau menyikat rambut, minyak yang ada di kulit kepala Anda akan terbawa ke bagian bawah rambut Anda. Sisir atau sikat rambut Anda dengan lembut dan sesedikit mungkin.
  • Kurangi stres dalam hidup Anda. Jika tingkat stres Anda tinggi, teknik penghilang stres juga dapat membantu. Misalnya yoga, meditasi, dan bernafas dalam. Meningkatkan aktivitas fisik juga dapat menurunkan tingkat stres.

Dengan tekhnik perawatan rambut yang tepat dan menggunakan produk dengan cara yang benar, Anda dapat menanggulangi kulit kepala berminyak, dan rambut Anda pun menjadi terlihat lebih sehat.***

No comments:

Post a Comment

Thank you for sharing your thoughts and opinions :)