Ingin tahu ulasan mengenai film-film lama hingga yang terbaru? Ingin tahu film-film apa yang wajib ditonton dan yang tidak? Jangan lupa kunjungi Our Cinema Sanctuary, blog berisi review2 film (yg pastinya sudah saya tonton, hehe...). See you there...!!!

Monday, 13 February 2012

Membuat Nada Dering iPhone dengan iTunes 10



Ada banyak aplikasi berbayar yang dapat mengubah lagu favorit Anda menjadi nada dering untuk iPhone. Tapi mengapa harus membayar ketika Anda dapat membuat nada dering sendiri secara gratis dengan iTunes?

1. Langkah pertama untuk mengubah sebuah lagu menjadi nada dering iPhone, yaitu  dengarkan lagu yang Anda pilih, lalu pilihlah 25 sampai 40 detik bagian yang ingin Anda gunakan. Catat waktu mulai dan waktu akhirnya.

2. Klik kanan pada lagu tersebut, lalu pilih "Get Info".

3. Klik "Options"
 dan masukkan waktu yang Anda catat tadi ke "Start Time" dan "End Time", seperti yang dapat Anda lihat pada contoh di bawah. Pastikan kotak di samping dua item tersebut dicentang. Klik OK.


4. Klik kanan lagi pada lagu tersebut, pilih "Create AAC Version". Sebuah file baru yang telah terpotong tadi akan muncul di iTunes library Anda dengan judul yang sama. Contohnya, file yang memiliki durasi 0:28 seperti di bawah ini.


5. Klik kanan pada lagu yang terpotong tadi dan pilih "Show in Finder". Sebuah jendela Finder akan terbuka dan file akan terpilih dengan sendirinya. Biarkan jendela tersebut terbuka.

6. Kembali ke iTunes dan klik kanan lagi pada file yang terpotong tersebut. Pilih "Delete" dari menu dan pastikan untuk klik "Keep File" ketika diminta. Hal ini akan menghapus file tersebut dari iTunes, tapi file tersebut akan tetap tersimpan pada hard disk Anda.

7. Kembali ke jendela Finder yang telah dibuka pada langkah 5 dan ubah nama file dengan ekstensi .m4r. Pada contoh di bawah, file yang tadinya bernama "01 Declaration 1.m4a", diubah menjadi "01 Declaration 1.m4r".


8. Klik dua kali pada file .m4r tadi dan file tersebut akan masuk ke bagian "Ringtones" di iTunes Anda. Pindahkan file ini ke iPhone pada saat mensinkronisasi iPhone Anda. Anda dapat memilih nada dering tersebut dari "Setting > Sound > Ringtone" pada iPhone Anda.


9. Setelah Anda selesai membuat nada dering, jangan lupa klik kanan di lagu asli di iTunes Library Anda, pilih "Get Info", pilih "Options", lalu hapus waktu pada kolom "Start Time" dan "End Time" yang Anda masukkan pada langkah 3. Klik OK.


4 comments:

Thank you for sharing your thoughts and opinions :)