Ingin tahu ulasan mengenai film-film lama hingga yang terbaru? Ingin tahu film-film apa yang wajib ditonton dan yang tidak? Jangan lupa kunjungi Our Cinema Sanctuary, blog berisi review2 film (yg pastinya sudah saya tonton, hehe...). See you there...!!!

Sunday, 19 February 2012

Bau Badan: Tidak Dapat Dihindari


Foto diunduh dari sini.
Sebagian orang kadang bisa memiliki bau tidak enak dan biasanya dapat teratasi cepat dengan cara mandi. Tetapi beberapa orang bisa memiliki bau badan yang lebih tahan lama dan sulit untuk disingkirkan. Meskipun Anda tidak dapat benar-benar menghindar dari bau badan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan dan tetap berbau segar lebih lama.

Banyak orang percaya bahwa keringat adalah penyebab utama bau badan. Padahal, sebetulnya keringat hanya memainkan peran kecil. Penyebab sesungguhnya adalah metabolisme tubuh, yang memancarkan bau sebagai cara untuk membersihkan tubuh dari zat-zat yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. Setiap terjadi ketidakseimbangan dalam metabolisme, akan menghasilkan bau yang kuat.

Jadi aktivitas metabolisme tubuh apakah yang akan menghasilkan bau tidak sedap? Racun, ketidakseimbangan zat kimia, dan limbah berlebih. Memang betul, setiap hari kita diserang dengan berbagai racun dari rumah kita, makanan, dan udara. Seiring waktu, racun-racun tersebut akan menumpuk dalam tubuh jika organ-organ yang bertugas untuk membuang zat-zat tersebut tidak dapat membuangnya dengan benar.

Salah satu penyebab bau badan adalah disfungsi hati dan saluran usus. Adanya penyumbatan dapat hati dan usus dapat menyebabkan bau yang tidak sedap keluar dari tubuh. Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk menjalani program detoksifikasi menyeluruh, untuk membersihkan hati, ginjal, dan usus besar Anda.

Berikut ini adalah beberapa strategi sederhana untuk menghilangkan bau badan:

Tetap bersih.
Bau badan dapat berasal dari bakteri yang menumpuk di pori-pori dan kulit. Mandi secara teratur adalah langkah pertama untuk menyingkirkan kotoran. Ikuti langkah-langkah ini:
  • Cuci ketiak Anda dengan benar. Untuk menjadikannya lebih segar, gunakan soda kue (baking soda) di bagian tersebut saat mandi dan oleskan dengan alkohol sebelum memakai deodoran.
  • Setelah Anda berkeringat, mandi, atau mandi, keringkan kulit dengan handuk yang bersih dan gunakan bedak bayi untuk menjaga kelenjar keringat agar tetap kering dan berbau segar.
  • Jangan mencoba menutupi bau badan dengan parfum, cologne, lotion atau minyak wangi, atau produk lain yang mengandung aroma. Itu hanya akan mencapur wangi buatan dengan bau badan, bukan mengurangi bau badan Anda.
  • Kenakan pakaian bersih yang terbuat dari bahan alami dan yang bisa “bernafas”. Bahan sintetis yang ketat cenderung menyebabkan dan memperparah bau badan.

Perhatikan apa yang Anda makan.
Kadang-kadang Anda mungkin akan berbau seperti apa yang telah Anda makan, dan bau tersebut dapat bertahan selama berhari-hari. Ketidakseimbangan pola diet dapat mengakibatkan sembelit atau kekurangan magnesium atau seng, juga dapat menyebabkan bau badan. Tetapi bahkan jika sistem pencernaan Anda sudah bekerja dengan benar, sudah mengeluarkan apa yang harus ketika seharusnya, ternyata beberapa penggemar makanan daging tetap memiliki bau badan yang khas. Beberapa vegetarian mungkin bisa memiliki kondisi serupa. Beberapa orang tidak dapat memetabolisme sejumlah besar telur, hati, dan kacang polong, sehingga tubuh mereka dapat memancarkan bau tak sedap. Jika Anda menderita bau badan yang penyebabnya mungkin dari makanan, cobalah mengubah pola diet Anda. Hindari makanan-makanan tertentu, seperti bawang putih, kari, kopi, dan alkohol. Makanan yang digoreng dan makanan yang dipanggang juga bisa mengandung lemak dan minyak yang menyebabkan bau badan. Semakin baik pola diet Anda, akan semakin baik pula aroma tubuh Anda.***

No comments:

Post a Comment

Thank you for sharing your thoughts and opinions :)